Me Time Dirumah



Saya pernah beberapa kali membaca bahwa semua orang, tidak terkecuali orang tua dengan anak usia balita  membutuhkan "Me Time"..

"Me Time" ini sendiri saya definisikan sebagai waktu yang diluangkan untuk sejenak menghilangkan penat, jenuh, atau suntuk.. Waktu untuk menyegarkan sedikit jiwa kita..
Untuk membuat kita merasa menjadi diri kita kembali..

Jangan bayangkan "Me Time" para tetangga kita yang dilakukan dengan pergi kesalon, makan siang di mall atau belanja sendirian..

Percayalah, kita engga punya waktu sebanyak itu saat ini..
Karena anak balita kita yang lagi lucu-lucunya itu membutuhkan nyaris semua waktu kita..
Belum lagi rumah yang perlu dibereskan disana-sini..
Cucian piring yang tak berkesudahan..

Cukuuuuup!!

Mari kita kembali ke "Me Time".. Hehehe..

Ada beberapa hal sederhana yang saya selalu lakukan dirumah dan menurut saya, saya sedang melakukan "Me Time"..

1) Minum Kopi atau Teh
Hangat-hangat ketika anak sedang asik main sendiri atau tidur siang.. Kopi instant sachet atau teh celup, rasanya nikmat banget. Beneran deh..


2) Mandi tanpa digedor-gedor sama anak
Biasanya ini saya lakukan disore hari ketika suami sudah pulang kerja.. Suami sudah paham kalau saya ingin mandi tanpa gangguan..

3) Menulis jurnal
Saya memang suka menulis jurnal harian dari SMP dan hobi ini saya bawa sampai sekarang.. Menulis jurnal membuat saya bisa flash-back kepada hal-hal yang sudah terjadi atau saya lakukan dimasa lalu.. Hal ini membuat saya merasa tidak kehilangan jati diri saya, bisa menghilangkan penat dan untuk saya, hal ini menyenangkan..
Menulis jurnal biasanya saya lakukan ketika anak sudah tertidur atau ketika sedang menunggu anak saya disekolah..

4) Jajan ke Minimarket
Siapa yang seneng jajan? Saya rasa semua orang senang jajan..
Pergi ke Minimarket kemudian beli snack atau minuman dingin bahkan kadang eskrim untuk kita sendiri adalah "Me Time"..
Toh kita hanya pergi sebentar, dan biasanya snack atau minuman atau eskrimnya saya makan ditempat (setelah dibayar) jika ada tempat duduk.. Atau di teras rumah (pelan-pelan biar anak engga tahu kalau kita ada.. Hahaha..)

5) Makan Makanan Kesukaan
Saya semenjak di Bandung, senang dengan Tumis Tulang Jambal.. Hahaha..
Jadi biasanya kalau saya lagi suntuk, saya beli makan tersebut di warteg terdekat dan makan  dirumah.. Sebelum makan biasanya saya kondisikan dulu anak saya, seperti memberikan snack kesukaannya atau menyetel TV channel anak.. Jadi pas makan, bebas gangguan.. 
Ibu-Ibu yang lain pasti punya masakan kesukaan yang tidak diperuntukkan untuk anak, dan itu sah-sah saja kita konsumsi asal bukan makan yang bisa merusak kesehatan..

Hal-hal diatas itu sangat sederhana dan bisa dilakukan dirumah tanpa menghabiskan banyak waktu bukan?
Jadi menjalankan "Me Time" dirumah itu bukan lah suatu bentuk keegoisan seorang Ibu.. Tapi adalah cara yang kita lakukan untuk merefresh diri kita sendiri..

Satu lagi..

Menurut saya, melihat-lihat HP disela-sela anak tidur siang atau setelah anak tidur malam bukan "Me Time" ya Ibu-Ibu.. Tapi lebih ke sia-sia alias buang-buang waktu..
Melihat-lihat HP disini seperti melihat timeline social media untuk mantau aktivitas orang-orang dan scrolling di aplikasi belanja padahal kita engga akan belanja.. Semua kegiatan itu sangat tidak bermanfaat dan tidak memberi dampak baik untuk jiwa kita (Hihihi)..

Jadi sekarang, apa "Me Time" sederhana dirumah versi Ibu - Ibu sendiri??

Comments