Bayar Pajak Kendaraan Lewat Drive Thru

Sekarang jamannya pelayanan serba cepat.

Mau beli makan fast food tinggal masuk ke drive-thru.
Mau ngambil uang tapi malas turun dari mobil bisa ke ATM drive-thru.

Nah, saya mau bayar pajak kendaraan dan malas ke kantor SAMSATnya (karena antriannya panjang dan cari parkiran susah).
Ternyata ada solusi yang disediakan oleh SAMSAT, yaitu pembayaran pajak via drive-thru!

Kantor SAMSAT yang saya datangi berlokasi di Kiara Condong, Bandung.
Sehari sebelumnya saya sudah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan yaitu STNK, BPKB Kendaraan dan KTP Asli.

Nah, kebetulan KTP Suami saya hilang jadi yang saya juga bawa yaitu KK Asli & fotokopi, fotokopi surat keterangan hilang dari Kepolisian yang dilegalisir, fotokopi KTP (kebetulan ada stok dirumah).

Saya datang ke drive-thru SAMSAT sekitar jam 8.30 WIB dan sepi.
Setelah itu maju ke jendela pertama untuk penyerahan berkas.
Ketika saya informasikan bahwa KTP Aslinya hilang, Bapak Polisi yang bertugas menanyakan apakah saya membawa KK Asli. Alhamdulillah, dibawa jadi bisa langsung diproses.

Kemudian saya diminta untuk jalan ke jendela berikutnya untuk pembayaran. Saya sengaja bawa uang cash karena takut tidak bisa debit.
Setelah uang saya serahkan, saya bertanya kepada petugasnya (pegawai Bank BJB), apakah bisa debit?

Penjelasan dari Mbak petugas, saat ini (Oktober 2018) bisa debit tapi menggunakan kartu lama dengan cara digesek. Jika kartu ATMnya sudah menggunakan chip, tidak bisa karena mesin EDC BJBnya tidak support.

Keseluruhan proses pembayaran pajak tahunan kendaraan di SAMSAT Drive-thru ini memakan waktu tidak sampai 10 menit. Sangat cepat dan efisien.

Kesimpulannya bagi Anda yang mau membayar pajak di SAMSAT Drive-Thru
1. Dokumen yang diperlukan STNK, BPKB, KTP Asli
2. Jika KTP hilang, bisa diganti dengan KK Asli
3. Hanya bisa untuk membayar pajak tahunan saja, bukan yang 5 tahunan.

Sekian informasinya semoga bermanfaat.

Comments