Caramel Machiatto.. Machiatto??

Beberapa saat belakangan ini..
Setiap kali ke Starbucks, selalu pesan "Caramel Machiatto"..
Padahal dulu paling hobi pesen Java Chip..

Kenapa berubah..

Sebenernya efek bosen.. Java Chip jadi favorit karena coklatnya berasa bisa di kunyah-kunyah.. Sedangkan kalau mau ganti pesen jadi Cappucino rasanya susu banget sedangkan Caramel Machiatto rasa kopinya berasa banget.. Jadi rasanya Caramel Machiatto cocok untuk nemenin aktivitas nyetir antar kota.. (Berasa supir angkutan.. Hwehehehe)


Caramel Machiatto by Starbucks

Tapi sebenarna Machiatto itu apa sih??

Caffè macchiato adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu. Ada dua jenis macchiato yang biasanya disajikan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.

Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sedangkan apabila espresso yang ditambahkan ke dalam segelas susu, maka minuman tersebut disebut dengan latte macchiato

Macchiato dalam bahasa Italia memiliki arti "ditandai dengan bercak" dan dinamakan seperti itu karena espresso ditandai dengan sedikit busa yang berasal dari susu diatasnya. Begitu pula dengan latte macchiato, setelah espresso dituang ia akan berada di tengah gelas sehingga terlihat memisahkan susu menjadi 2 bagian. Perbandingan dari susu dan kopi dalam espresso macchiato ini adalah 1:4. Espresso macchiato disajikan dalam cangkir espresso kecil(demitasse) berukuran 60-90ml. Banyak dari orang Italia yang menambahkangula pada minuman ini. Sementara itu, latte macchiato disajikan dalam gelas tinggi yang berukuran lebih besar. (sumber. id.wikpedia.org)


Jadi sekarang sudah paham kan dengan Macchiato dan kenapa dia rasanya enak banget?!
Hehehehe..

Comments