The Pickers: Singer 15K80

Jadi sebelumnya, saya pernah cerita mengenai mesin jahit portable kuno yang dimiliki oleh Alm. Eyang dan tidak bisa diperbaiki.. Hiksss
Jadi saya beralih ke mesin jahit Singer (manual) yang juga peninggalan Alm. Eyang.. Yaitu Singer 15K80


Singer 15K80

Saya bawa lagi mesin tersebut ke Singer service center.. Dan mekaniknya bilang untuk servis mesin jahit itu tidak akan memakan waktu yang lama karena komponen yang biasanya perlu diganti sedikit..

Besoknya, mekanik Singer datang kerumah membawa mesin jahit.. Dipasangkan motor agar saya tidak perlu mengayun kaki seperti penggunaan mesin jahit ini jaman dulu (repot)..
Servis dan penambahan motornya menghabiskan biaya 240rb saja..

Motor singer untuk mesin jahit

Dan Giri pun penasaran ini apa

Oleh mekaniknya, saya diajarkan untuk bagaimana alur memasukkan benang ke jarum, mengganti sepatu, menggulung spool benang serta merapatkan dan merenggangkan jarak jahitan..

Mesin jahit sudah di servis.. Sekarang saatnya saya belajar menggunakan mesin jahit ini..
Karena jujur.. Tidak mudah menggunakan mesin ini.. Butuh banyak latihan.. Hehehehe..



Comments