Solusi ASI Drop

*Sembari pumping, tangan yg sebelah ngetik*

Sudah 9 jalan mau 10 bulan gw ngasih ASI untuk Giri..
Rasanya luar biasa banget.. Karena perjuangannya itu lhooooo..
Dari yang gw harus keluar kota, pumping di mobil gara-gara macet total, sampai numpang pumping di toilet for disable karena kepepet ga ada baby's room..

Selama itu pula ASI gw ga melulu banyak..
Ada masanya produksinya turun..


Penyebabnya (kalo gue): Sedih, Kurang tidur, Kecapean dan Datang bulan..

Dan kalo udah drop hasil pompa gw, rasanya sedih.. Awalnya..
Kalo curhat sama suami gw (yang Alhamdulillahnya support banget ASI), dia bilang bahwa gw harus bersyukur atas berapapun jumlah ASI yang gw peroleh..
Karena ASI itu seperti rejeki yang Allah kasih buat gw..
Banyak diluar sana ibu-ibu yang harus berhenti ngasih ASI bukan karena mereka yang pengen, tapi karena ASInya engga keluar lagi..

Jadi setiap kali gw pumping dan hasilnya engga banyak seperti hari ini, gw cukup berkata dalam hati.. "Alhamdulillah ya Allah.. Giri masih dapet jatah ASI"

Hasil gw ngobrol-ngobrol sama temen yang suka ikut kelasnya AIMI ASI, kalo ASI drop itu yang sebaiknya kita lakukan:
1) Positif thingking bahwa kondisi ini akan berlalu
2) Cari penyebabnya.. Apakah kurang tidur, atau memang lagi datang bulan, atau tanpa kita sadar kita sedang stress atau sedih
3) Lakukan apa yang kira-kira bisa membuat lo happy
4) Banyak minum air dan makan makanan yang bergizi

Kalo gw, ngehibur diri itu engga susah.. Bisa window shopping di mall, beli ATK di Gramed, Beli chatime atau Starbucks.. Makan mie tarik kangkung di Mie Lekker.. Atau makan beefbowlnya Yoshinoya.. Hehehehe..

Cara lo mungkin engga harus sama kaya gw..Tapi yang paling penting itu adalah.. "Kalo ASI drop.. Don't stess about it and do something that could make you feel happy.."
Hanya dengan sesederhana itu kok..

Comments