The Pickers: Singer 720G

Kemarin, gw sempet iseng bilang sama nyokap kalo gw mau belajar jahit dan berencana beli mesin jahit baru.Tiba-tiba nyokap bilang, "Tuh, di gudang kan ada mesin jahit Eyang.. Ambil aja..".
Denger nyokap bilang gitu, respon gw ogah-ogahan karena setahu gw, mesin jahit eyang itu yang manual pakai kaki merek Butterfly.
Nyokap pun nyahut, "Eh, jangan salah! Itu elektrik lho, Mba.. Merek Singer.. Dulu beli langsung dari Jerman.. Seingat Mama bawa 2 unit, tapi yang satu entah kemana.."
 

Jadi sejarahnya adalah.. Eyang putri itu dulu adalah seorang penjahit..
Beliau ternyata punya 2 unit mesin jahit butterfly manual (beli di Indonesia) dan 2 unit mesin jahit elektrik Singer (Beli di Jerman sewaktu Eyang putri ikut Eyang kakung dinas ke Ceko).
Eyang putri rajin membuatkan baju untuk anak-anaknya, sempat buka pesanan tapi tidak lama karena fokus membantu mengurusi toko kain batik (di Madiun) milik Eyang Buyut dan mengurus anak-anaknya.

Denger cerita nyokap, gw semangat pengen nyari itu mesin jahit di gudang. Seinget gw, pernah gw gotong-gotong pas pindahan rumah, dan asli berat banget!



Ternyata setelah dibuka boxnya, penampakan mesin jahitnya seperti ini..


Singer Sewing Machine 720G


Memang sudah tua banget.. Ngelupas catnya disana-disini..

Tadinya mau servis mesin jahit itu di Bandung karena setahu gw di daerah Pasar Baru banyak yang buka servis mesin jahit. Tapi dasar gw orangnya engga sabaran, akhrnya iseng googling tempat servis mesin jahit. Ternyata di Bogor ada toko khusus yang menjual mesin jahit Singer dan juga bisa reparasi. Tokonya ada di Jl. Merdeka sebelum apotik Kimia Farma..


Toko Singer di Jl. Merdeka Bogor

Menurut mas-mas yang kerja disitu, kondisi mesin jahit gw mengenaskan karena sudah lama tidak pernah digunakan (sepertinya 30th lebih sudah engga dipakai). Belum lagi dinamo dan pedalnya juga tidak ada (yang mana bentuknya seperti apa, gw engga tahu). 

Reparasinya akan memakan waktu kurang lebih seminggu. Sebelumnya gw akan dihubungi untuk cost reparasi mesin jahitnya berapa. Semoga ongkos servisnya maksimal setengah harga mesin jahit Singer yang baru.. Amin..

Comments

Unknown said…
keren gan,,,
terima kasih banyah banyak gan info nya,,,
Daftar Harga dan Spesifikasi Mesin Terbaru